Sosialisasi Pengendalian Betina Produktif Di Kabupaten Bone

21

Watampone Disnak Tanggal 19 Sepetember 2017 Kegiatan pertemuan sosialisasi pengendalian pemotongan ternak Ruminansia besar betina produktif yang dilaksanakan di Aula Kantor Dinas Peternakan Kabupaten Bone. Yang dihadiri Oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Propinsi Sulawesi Selatan yang diwakili Oleh Kabid Keswan ,  Polda Sulsel, Polres/ Babinkamtibmas, Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bone, PNS pada Dinas Peternaka Kabupaten Bone, serta para Pengusaha Pemotong Se Kabupaten Bone. Narasumber  Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Propinsi Sulawesi Selatan yang di Wakili oleh Kabid Kesmavet, Kabupaten Bone Kabupaten Bone, dan Polda Sulsel. 

Adapun Program Pengendalian Betina Produktif merupakan salah satu program dari Upsus SIWAB yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pertanian Nomor : 48 Tahun 2016 tentang Upaya Khusus Percepatan Peningkatan Populasi Sapi dan Kerbau Bunting. Program ini menjadi bagian penting dari upaya pemerintah melakukan percepatan peningkatan populasi sapi dan kerbau.

Untuk Kabupaten Bone sendiri di target oleh pusat untuk akseptor IB adalah sebanyak 89.750 ekor dan target kebuntingan 62.810 ekor, Untuk itu  ditargetkan setiap harinya  minimal sebanyak 87 ekor sapi perhari yang di IB untuk seluruh wilayah Kabupaten Bone .

Dari Hasil pertemuan tersebut sangat diharapkan adanya pengawasan dan pencegahan pemotongan ternak ruminansia besar (sapi/kerbau) betina produktif melalui persamaan persepsi dan keseragaman prosedur operasional baku/ SOP dalam Tim Terpadu Pengawasan dan Pencegahan Pemotongan Ternak Betina Produktip di tingkat lapang baik di  Hulu ( peternak, kelompok tani ternak, pos perlintasan ternak/portal, pasar hewan) maupun di Hilir (rumah/tempat pemotongan hewan ) yang mana Kabupaten Bone terdapat 1 RPH dan 6 TPH swasta yang tersebar diberbagai Kecamatan di Kabupaten Bone. Redaksi (Kasubag Umum dan Kepegawaian) Nursamsih.

Admin : A. Syamsul Alam P