Kabupaten Bone Mengikuti Lomba Tingkat Nasional Inovasi Pelayanan Publik 2018

54

Watampone Dinas Peternakan, tanggal 29/03/2018 Inovasi pelayanan publik sudah menjadi arus utama di Indonesia. Kemenpan RB, Pemprov Sulsel, dan GIZ (Lembaga Kerja Sama Pembangunan Internasional Pemerintah Jerman) bekerja sama untuk peningkatan inovasi pelayanan publik di Sulawesi Selatan. Wujud kerja sama dalam bentuk pembentukan Simpul Inovasi.

Adapun Sarana penyebarluasan dan pembelajaran inovasi pelayanan publik yang dikembangkan oleh pemerintah provinsi dan kabupaten-kota yang ada Propinsi Sulawesi Selatan. Dari situs JIPP Sul-Sel para penyedia pelayanan publik di Propinsi Sulawesi Selatan dapat saling belajar dan bertukar informasi tentang praktik dan program inovatif yang telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Praktik dan program inovatif tersebut tersebar di unit pelayanan publik di bawah pemerintah propinsi maupun kabupaten-kota.

Inovasi pelayanan publik tumbuh subur di kabupaten-kota. Seperti Kabupaten Bone Hal itu dapat dilihat dari dominasi di Kabupaten Bone pada acara-acara kompetisi inovasi maupun berbagai dokumentasi inovasi pelayanan publik yang disusun oleh beberapa lembaga. Dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (SINOVIK) yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) tiga tahun terakhir, misalnya, inovasi-inovasi dari Kabupaten Bone seperti :

Dinas Peternakan dengan Inovasi Pelayanan IB “Kami Datang Sapi Bunting”.
Dinas KesehatanInovasi “Bola Assedding”
Dinas kesehatan UPTD Puskesmas Kading Inovasi “KOPER ASI EKSLUSIF”
Badan Penanggulangan Bencana Daerah Inovasi “GEMAR SIGAP”
Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Inovasi “musrenbang Anak”
Dinas Komunikasi Dan Informatika Inovasi “SDD”

Kepala bagian organisasi sekertariat daerah Kabupaten Bone, Dr.Andy M.Si Melalui JIPP ini, diharapkan dapat mendorong transfer pengetahuan inovasi agar lebih banyak lagi inovasi pelayanan publik yang dimunculkan di Sulawesi Selatan utamanya di kabupaten. Saya yakin Kabupaten Bone dapat menjadi pusat studi yang dapat ditiru bagi Kabupaten lainya di Propinsi Sulawesi Selatan dan Propinsi lainnya “Ujar Kabag Organisasi Kabupaten Bone”.

Admin : A.Syamsul Alam P