Dinas Peternakan Kabupaten Bone Melaksanakan Pemantauan Bahan Dan Produk Asal Hewan Di Pasar-Pasar Tradisional

Dinas Peternakan Kabupaten Bone Tanggal 25/05/2018, Dalam menghadapi bulan suci Ramadhan, Dinas Peternakan Kabupaten Bone melaksanakan pemantauan Bahan dan Produk Asal Hewan yang beredar di pasar-pasar tradisional dan pedagang Pengumpul/pemotong di Kabupaten Bone. Kegiatan ini melibatkan 8 personil dari Dinas Peternakan Kab. Bone yang terbagi ke dalam 4 tim dengan 4 wilayah pasar pemantauan. Keempat pasar pemantauan yaitu Pasar Sentral Palakka, Pasar Laccokkong, Pasar Sentral, dan Pasar Bajoe. Kegiatan ini akan terus dilakukan sepanjang bulan suci Ramadhan untuk memberikan ketenangan kepada warga Bone terkait keamanan dan kelayakan produk makanan asal hewan yang dikonsumsi (ASUH) Aman Sehat Utuh dan Halal.

“Kegiatan ini sudah kami mulai sejak awal Ramadhan dan akan terus kami lakukan sepanjang bulan suci sebagai bentuk tanggung jawab tugas kami di Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner. Sejauh ini, kami belum menemukan adanya indikasi peredaran produk hewan yang tidak layak maupun berbahaya di pasar-pasar tradisional di wilayah Kota Watampone,” ujar Ir. Mawardy, Kepala Bidang Keswan dan Kesmavet Dinas Peternakan Kabupaten Bone.

Beliau menjelaskan bahwa pemantauan ini meliputi pemantauan daging ayam, daging sapi, telur ayam dan itik, maupun ayam hidup yang diperjualbelikan di pasar. Beliau menjelaskan bahwa petugas yang terlibat telah dibekali keterampilan dan kartu identitas sehingga para pedagang tidak perlu khawatir dengan kegiatan ini. Beliau juga mengharapkan partisipasi masyarakat untuk melaporkan temuan maupun informasi tentang peredaran Bahan Asal Hewan yang tidak layak maupun berbahaya di Kabupaten Bone

Sejauh ini jajaran Dinas Peternakan Kabupaten Bone belum menemukan indikasi bahan dan produk asal hewan yang berbahaya yang beredar dipasar tradisional maupun di pedagang pengumpul/pemotong.

“Laporkan kepada kami apabila anda menemukan peredaran produk hewan yang tidak layak, Insha Allah akan kami tindak lanjuti, “ tandas Pria Berumur 55 Tahun ini dengan tegas.

Lina 36 Th, salah satu pembeli Daging Sapi di Pasar Palakka, kami sangat senang dengan adanya pemantaun pasar seperti ini kami tidak akan ragu lagi pak “ ko  seha q sapi na, matane to ni timban na, na masemmpo ellin na nyameppa tuh”  (sehat sapinya, bagus timbangannya dan murah harganya kita tidak ragu lagi)  kelakar ibu dua anak ini. Redaksi Kepala Bidang Keswan Kesmavet/ Ir. Mawardy.

Admin : A. Syamsul Alam P