Disnak 31 Juli 2018, 10 orang mahasiswa Institut Pertanian Bogor yang melaksanakan kegiatan Abdi Nusantara XII mengadakan sosialisasi Foodbourne Disease dan pelatihan pembuatan Probiotik untuk ternak ruminansia di Aula Pertemuan Desa Bulu Kecamatan Kajuara.

Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 50 orang warga Desa Bulu Tana yang tampak antusias sepanjang kegiatan ini berlangsung. Ayu Koordinator kegiatan ini menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman warga tentang bahaya penyakit yang dapat ditularkan melalui makanan, terutama yang berasal dari hewan seperti daging dan telur oleh karena itu dalam kegiatan sosialisasi, Tim Abdi Nusantara XII yang didampingi Dinas Peternakan Kabupaten Bone, drh. Agusriady, juga memberikan tips-tips yang dapat dilakukan oleh warga dalam memilih dan menyimpan bahan asal hewan dengan baik.

Disesi kedua, kegiatan akbar mahasiswa IPB ini juga memberikan pelatihan pembuatan probiotik kepada warga, Bagus yang merupakan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan IPB, mengatakan bahwa melalui pelatihan ini diharapkan masyarakat dapat membuat probiotik sendiri untuk mempercepat peningkatan berat sapi dan kambing mereka.

Ardi, salah satu peserta kegiatan ini mengaku memperoleh banyak manfaat melalui kegiatan Mahasiswa ini. “Menarik materinya, baru ada hadiahnya berupa obat cacing buat peserta. saya akan mencoba membuat probiotik seperti ini untuk sapiku gampang “ji bahannya” ujar pria paruh baya ini.

Kegiatan Abdi Nusantara XII sendiri akan berlangsung sampai dengan hari sabtu tanggal 4 Juli 2018 di 9 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bone dan didukung penuh oleh Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Bone, drh.H.Aris Handono.