Disnak Bone Tanggal 27 Agustus 2018 Salah satu terobosan yang dilakukan oleh Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner di Dinas Peternakan Kabupaten Bone di awal tahun 2018 adalah mengaktifkan pelayanan klinik untuk hewan kesayangan dan pelayanan laboratorium untuk hewan. Kegiatan ini dipusatkan di Laboratorium dan klinik An-Nahl yang berada di Kantor Dinas Peternakan, Jalan MH Thamrin No 4 Kabupaten Bone.

Sejak diaktifkan dibulan Maret, laboratorium dan klinik ini mendapatkan apresiasi yang sangat positif dari masyarakat maupun dari petugas dinas peternakan. Tercatat sudah ratusan hewan kesayangan dan berbagai sampel telah mendapatkan pelayanan diinstalasi ini. Kehadiran klinik dan laboratorium An Nahl diharapkan dapat membawa wajah baru dalam pelayanan kesehatan hewan di Kabupaten Bone.

Klinik An Nahl merupakan klinik hewan non-profit oriented  yang memberikan layanan kesehatan berupa pemeriksaan, pengobatan, pembedahan, hingga pemberian vaksin pada hewan kesayangan. Klinik ini dilengkapi dengan sarana kesehatan hewan mutakhir seperti USG yang dioperasikan oleh dokter hewan. Tidak hanya hewan ras, klinik ini juga menerima banyak hewan lokal baik itu anjing maupun kucing untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Sementara itu, laboratorium An Nahl memberikan pelayanan berupa pemeriksaan sampel asal ternak maupun pemeriksaan produk asal hewan. Sampel darah dan feses umumnya digunakan dalam peneguhan diagnosa penyakit ternak yang banyak dikirimkan oleh petugas peternakan kecamatan. Secara rutin, lab ini juga melakukan pemantauan terhadap produk asal hewan seperti daging dan bakso yang beredar di wilayah kabupaten Bone dari resiko kontaminasi bahan kimia berbahaya. Masyarakat juga dapat mengirimkan sampel untuk menerima layanan berupa pengujian organoleptik atau uji formalin dan boraks. Laboratorium ini juga telah menjalin kerjasama dengan BBVet Maros untuk pembinaan dan pemeriksaan lebih lanjut.

Untuk mendapatkan pelayanan di klinik maupun laboratorium An Nahl, masyarakat dapat datang langsung ke kantor Dinas Peternakan atau melakukan reservasi melalui pesan singkat / Whattsapp / telepon melalui Hj Herna SPt (081343858805) atau drh Agusriady (08114212785).

Penulis: Agusriady