Watampone Disnak tanggal 28 Agustus 2018 Bekerjasama dengan Kementerian Agama Republik Indonesia, Dinas Peternakan Kabupaten Bone meluncurkan sebuah program baru pada bulan Juli 2018, Safari Qurban,  yang dilakukan oleh Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner. Kegiatan ini merupakan kegiatan bersama yang ditargetkan dapat meningkatkan kualitas pelaksanaan penyembelihan hewan qurban di Kabupaten Bone.

Kegiatan ini diawali dengan pertemuan koordinasi antara Dinas Peternakan yang diwakili oleh drh Agusriady M.Anim.Sc sebagai Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner dengan Taufik Raden S.Ag M.Sos yang merupakan Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Kemenag Kabupaten Bone. Pertemuan ini kemudian dilanjutkan dengan pertemuan seluruh kepala KUA se-kabupaten Bone. Di dalam pertemuan ini disepakati akan dilakukan pembinaan kepada para Imam, penyuluh agama, dan panitia qurban yang terbagi ke dalam 7 zona dengan cakupan seluruh kecamatan di Kabupaten Bone.

Pelaksanaan Safari Qurban kemudian dilaksanakan secara marathon di 7 zona dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Peternakan, drh H Aris Handono, untuk memberikan bimbingan teknis tentang pemilihan, penanganan, penyembelihan, dan penanganan daging hewan qurban tahun 2018. Tingkat partisipasi yang begitu tinggi teramati selama kegiatan ini yang sangat dipengaruhi oleh kuatnya jaringan yang dimiliki oleh Kemenag di Kabupaten Bone dan metode baru dalam penyampaian materi yang begitu menarik oleh narasumber.

Hasil dari kegiatan Safari Qurban 2018 mulai terlihat dalam pelaksanaan pengawasan pemotongan hewan qurban tahun ini. Seluruh Petugas Peternakan Kecamatan menyaksikan adanya perbaikan dalam proses dan teknis pelaksanaan kurban oleh masyarakat diberbagai wilayah. Pemilihan hewan qurban yang sehat, pemotongan sesuai syariah dan penggunaan kantong plastik transparan merupakan contoh nyata perbaikan tahun ini. Koordinasi antara petugas peternakan, Kantor Urusan Agama, Imam dan panitia hewan qurban merupakan kekuatan utama dalam pelaksanaan pengawasan qurban 2018. Tercatat ada 3211 sapi, 372 kambing, dan 2 ekor kerbau yang dijadikan hewan qurban di Kabupaten Bone yang datanya dihimpun secara online melalui kerjasama pihak-pihak tersebut. Kerjasama ini merupakan tonggak awal dalam kerjasama lintas sektoral menuju bone sehat dimasa yang akan datang.

Penulis: Agusriady.