Dinas Peternakan Menyapa Hari Rabies Sedunia dengan Karnaval dan Bakti Sosial Hewan Kesayangan

135

Pada tanggal 29 September 2019, Dinas Peternakan menghadirkan acara yang bertajuk Mini Karnaval dan Bakti Sosial untuk Hewan Kesayangan. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan perayaan hari rabies sedunia di Kabupaten Bone bekerjasama dengan Komunitas Bone Cat Lovers, Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang SulSelBar Ranting Bone, Dinas Kesehatan, dan Klinik An Nahl Disnak Bone.
Diawali dengan sambutan dari Kepala Dinas Peternakan, drh H Aris Handono, kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran komunitas pencinta hewan kesayangan untuk melakukan vaksinasi pada hewan kesayangannya. “Kami berkomitmen akan meningkatkan kesehatan hewan dan masyarakat secara berkesinambungan. Wujud komitmen ini kami tunjukkan dengan menghadirkan layanan Klinik Hewan Pemerintah pertama untuk hewan kesayangan di Kabupaten Bone dan penganggaran vaksin rabies yang terus meningkat,” ujar beliau. Beliau menambahkan bahwa komitmen pemberantasan rabies juga dilaksanakan melalui program kerjasama dan MoU dengan Puskesmas dan Dinas Kesehatan.
Sementara itu, Rani Maharani SH yang merupakan ketua komunitas Bone Cat Lovers mengungkapkan kebahagiaan dan terima kasihnya atas perhatian pemerintah pada komunitas hewan kesayangan, khususnya kucing saat ini. “Terima kasih Dinas Peternakan sudah memperhatikan komunitas kami dan telah menjadi milik semua pencinta hewan, baik itu hewan ternak atau hewan kesayangan,” ujar Rani. Komunitas Bone Cat Lovers sendiri merupakan organisasi pencinta kucing yang terbentuk tahun lalu dan secara reguler mengadakan kegiatan bersama Dinas Peternakan dalam bentuk Bakti Sosial dibeberapa event.
Kegiatan ini menghadirkan suasana baru dimana ratusan ekor kucing berjalan beriringan mengelilingi pusat kota Bone dengan marching band. Suasana yang begitu meriah kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi penanganan luka akibat gigitan hewan oleh drg Yusuf M.Kes dari Dinas Kesehatan dan ditutup dengan bakti sosial berupa pemeriksaan, pengobatan, dan pemberian vaksin rabies gratis untuk hewan kesayangan oleh dokter hewan dari PDHI dan Klinik Hewan An Nahl Disnak Bone.